Huh.. Pertanyaannya susah juga ternyata hahaha.

Setelah hampir 15 menit mikir, ya 15 menit, gw keinget salah satu film favorit gw. Black Hawk Down. Gw seneng film yang ada perang-perangnya, agen rahasia atau yang ada ledakan luar biasanya. Gw masih inget pertama kali gw nonton film ini belasan tahun yang lalu (masih SMP kali ya), gw cuma sekedar nonton aja. Waktu jaman kuliah gw tonton lagi, kemudian baru nyadar kalau ini berdasarkan kisah nyata karena akhirnya baca kredit2 yang muncul di layar. Gw akhirnya ngegugel dan ngebaca sejarah singkat mengenai perang ini.

Kalau udah pada nonton filmnya, bakal ada adegan dimana 2 orang sniper di helikopter minta rekues berkali-kali kepada komandannya lewat radio untuk turun mengamankan daerah helikopter black hawk yang baru saja jatoh. SFC Randy Shughart dan MSG Gary Gordon. Barusan gw wiki biar tau namanya. Btw ternyata salah satu pemeran di filmnya adalah si Jaime Lanister hahaha. 2 orang ini KIA (killed in action), tapi pertanyaannya nggak nyatain harus orang yang masih hidup.

Jadi ceritanya, 2 orang sniper ini meminta kepada komandan untuk diberikan izin turun dari helikopter mereka yang sedang mengitari crash site dan mengamankan helikopter yang baru saja jatoh. Mereka mau memastikan apa ada tentara yang bisa diselamatkan. Mereka tetap meminta untuk diberikan izin walaupun sang komandan terus nanya balik “Jangan. Yakin Lo?” Dengan kalimat tersirat, sang komandan selalu bilang kalau mereka juga bisa mati.

Sayangnya mereka akhirnya tertembak dan tewas di tempat. Pilot dari helikopter yang jatoh itu selamat, sempat disandera, tapi kemudian diselamatkan pada akhir perang. 2 sniper ini memberikan nyawa mereka untuk keselamatan seseorang. Sebuah tindakan heroik. Gw nggak bisa memposisikan diri gw seperti itu. Gw nggak bisa ngebayangin gw bakal ngelakuin hal itu. Mungkin karena gw bukan tentara juga kali ya. Gw penasaran aja mau ketemu dan ngobrol aja sama mereka.

