Jumat sore, gw pulang dari kantor on time karena kita sudah janjian jam 20.00 ngumpul di pool arimbi cikokol. Gw ikut open trip ke Krakatau dengan 5 orang temen gw; Sammy, Judis, Gandhi, Reza, dan James.

Drama sore itu sudah dimulai ketika gw melaju kencang bak angin puting beliung di depan terminal 3. Gw melewati Sammy yang berhenti di pinggir jalan kayak orang bingung. Gw liat spion ke belakang dan sepertinya ada masalah. Gw berhenti kira-kira 50m di depan Sammy, dan ternyata hape gw bergetar. Sammy nelfon. Gw angkat dan bilang gw ada di depan dia. Rantai motor Sammy putus, dan jalan ini bukanlah jalan yang ada tukang bengkel di pinggir jalan.

Untuk pertama kalinya dalam karir gw sebagai rider, gw ngedorong motor lain pake kaki sambil nyetirin motor gw sendiri. Berhenti di pertamina, nggak ada tukang bengkelnya. Ketemu tukang bengkel di rawa bokor, rantainya dikencengein, jalan 200m, rantainya putus lagi. Sammy udah putus asa memikirkan bahwa dia kayaknya nggak bakal ikut ke Krakatau. We ride together, we die together, bad boys for life. Itulah salah satu quote dari film yang azig, gw sih nggak gitu2 amat menganut motonya, tapi ngerti lah maksud gw. Ga mungkin juga gw ninggalin temen. Di kemacetan jalan, gw dorong lagi menuju bengkel berikutnya dan akhirnya rantai motor pun diganti. Itu salah satu bentuk cobaan yang ril yang bikin kita berserah diri. Nyampe kosan jam 18.30 gw buru-buru ngeberesin barang.

g00328781
Krakatau crew!!

………….

Perjalan ke pelabuhan merak dari tangerang butuh 2 setengah jam. Nyampe di sana jam 23.00, makan nasi goreng dan kemudian ketemu dengan rekan-rekan open trip kita, nongkrong sampe semua orang lengkap. Sekitar jam 2.30 kita nyebrang ke pelabuhan bakauheni, dan nyampe sana sebelum jam 6.00. Trip leader kita, Roby, ngurusin bisnis perangkotan karena kita harus ngangkot lagi sekitar 2 jam menuju dermaga canti. Dari sini kita baru nyebrang ke pulau tempat kita menginap.

Awak kapal jauh amat nyari karang keras buat naroh jangkar

g0063084
Iya. Gw curicuri liat cewek itu.

Gw nggak inget persis itinerary saat itu. Lebih kurang, dari dermaga canti kita naik kapal kayu dan langsung snorkeling di pulau sebuku, kemudian ke pulau sebisi tempat penginapan kita, dan kemudian snorkeling lagi. Snorkeling pada hari pertama itu biasa saja. Bagus tapi nggak kategori wow sih menurut gw. Standard wisata bawah laut gw naik setelah melihat keindahan pink beach labuanbajo.

g0073119
Nunggu sunset

Malam itu adalah salah satu waktu yang menyenangkan buat gw. Penginapan kita yang diisi 20 orang tidur berbaris rapi sangat panas udaranya. Gw lebih memilih duduk-duduk di luar ketimbang orang-orang lain yang tidur kecapean atau main hape di dalam penginapan. Walaupun lelah, yang namanya jalan-jalan sayang banget dihabisin buat tidur aja. Harus dinikmati.

Penginapan ini persis di pinggir pantai. Di luar, Roby dan temen freedivernya pada nongkrong menggelar tiker dan have fun. Gw ikut gabung aja dan menyumbangkan suara indonesian idol gw sambil bermain gitar. Sampai hampir tengah malam gw mutusin untuk tidur di luar aja. Ada 5 orang yang berbaringan di sini. Gw bisa mendengar desiran ombak dan melihat langit gelap yang dihiasi bintang-bintang. Terasa damai.

Gw terbangun dari tidur di tengah malam ketika pada heboh karena hujan mulai turun. Dengan sempoyongan gw berlari ke dalam penginapan, yang kasurnya udah diisi orang semua. Nyempil kiri-kanan, gw langsung menancapkan kepala ke kasur.

……………………

Subuh jam 3.30 kita berangkat lagi menuju anak gunung krakatau. Ceritanya sih pengen liat sunrise. Segitu banyaknya orang yang tidur dalam kapal, gw naik ke atap kapal untuk nikmatin udara yang dingin. Di kegelapan gw duduk di atap dan menantang angin. Tak lama kemudian, James dan 1 orang ngetrip bareng ikut gabun bareng gw. Kita cuma ngobrol ngakak di kegelapan. Dingin, tapi gw pengen duduk di sini aja.

Kapal-kapal yang muterin kraktau tipenya begini nih

Sampai di krakatau, gelapnya langit udah mulai hilang. Memang sih nggak bakalan ngeliat sunrise, tapi bagian dari open tripnya juga yang tetap naik ke puncak . Jalan ke puncak ternyata cukup melelahkan hehe.

g0113361
Dobel selfie di anak gunung krakatau

……

Sebelum kembali ke penginapan kita berhenti di 2 spot snorkeling. Salah satunya adalah Lagoon Cabe. Menurut gw ini salah satu spot snorkeling yang bagus. Coral dan ikannya banyak dan bervariasi. Gw videon semua sih, jadi nggak ada foto. Koleksi video gw dari semua trip yang pernah gw ikutin udah sangat banyak. Pengen bikin film tapi nggak jadi-jadi. Nggak punya skill video editing juga sih hahaha. Kapan kapan deh.

gopr2916-00012
One of the shit photos ahahahaha