Pagi itu kita udah ngumpul di kantor kecil-kecilan Bang Martin. Tepat di seberang penginapan gw dan persis di pinggir jalan. Si bule Ezra dan Valentina juga nggak lama kemudian datang. Si Bang Martin dengan si abang mata gila memberikan high five ala ala labuanbajo.

GOPR05912
Siap-siap sebelum berangkat

Setelah dibriefing dikit, dikasih alat snorkelling, kita jalan ke dermaga. Di sana udah nunggu sebuah kapal dengan sang kapten dan satu ABK. Kita cuma berlima sih, jadinya crewnya ya cuma segini aja. Si anak buah kapal rambutnya keriting, dicat merah, dan disanggul di atas kepala. Man-bun kalau bahasa inggrisnya. Bulu mata lentik banget, anting kiri kanan, kurus dan tampangnya sangar.

Setelah sedikit persiapan, kita pun berangkat.

Pagi itu, cuaca agak berawan dan ditemenin rintik-rintik tipis abis. Gw nggak komplain, karena ga separah perkiraan cuaca yang katanya seminggu ke depan bakal badai terus. Ombak laut juga nggak gitu-gitu amat. Agak siangan cuaca jadi semakin cerah dan gw pun semakin hepi.

GOPR0616
Kita cuma berlima aja. Foto yang berlima di kapal cuma ada foto tampak pantatnya Valentina wakakakakak…

 

Di sepanjang perjalanan di boat kecil ini, gw bahagia aja. Kiri kanan lautan luas. Sesekali ada pulau di kiri kanan. Gw sempat ngeliat seekor rusa di perbukitan. Kadang keliatan ubur-ubur dalam laut, ikan terbang yang tiba-tiba melompat keluar air, dan pusaran air random yang sepertinya ada kraken lagi nunggu orang bego yang jatoh ke laut.

Angin yang menerpa wajah dan rambut gw membuat gw serasa menjadi bintang iklan sampo. Walaupun tampang pas-pasan, tapi kalau scout artis ngeliat ekspresi gw, mereka pasti berani bayar gocap untuk nyewa gw jadi bintang iklan mereka.

GOPR0669
Kapal kita namanya Andika kangen band

 

Sejujurnya gw ga inget nama pulau yang kita kunjungin wakakak. Kita snorkling 3x plus main air sekali saat makan siang. Walaupun sangat indah, namun gw masih ngerasa kurang. Sebenarnya waktu itu gw kepengen trip ke Labuanbajo ini dipenuhi dengan petualangan 4-5 hari nonstop di laut. Tapi berhubung kita bertiga, akhirnya ada musyawarah dan mufakat dan ga bisa gw putusin sendiri.

22
The super backflip by Ezra

 

Spot pertama sebuah pulau yang gw ga inget namanya. Di sini banyak ikan dan coral. Tapi airnya keruh. Keliatan, tapi ga clear. Btw, ini juga pertama kalinya gw ngerekam gopro sambil snorkeling sendirian. Gw ga nyadar sampai gw liat hasil video-videonya kalau ternyata gw sibuk mengamati ikan-ikan tanpa merhatiin kamera. Gw hanya nyalain gopro dan ngarahin aja pake tangan. Ga stabil tapi. Itu rekamannya udah goyang-goyang, terus ngarahnya ke mana. Wakakaaka butuh latian dan skill untuk ngerekam underwater. Nggak bakat jadi kameraman sih. Aktualnya bagus kok, foto/video gw aja yang kayak sampah.

4

10

12
Snorkelling di sini serasa masuk aquarium. Sayang airnya agak keruh, mungkin efek pasca badai.

 

Spot kedua Manta Point. Ga ada apa-apa di dasar laut kecuali Manta Ray. Itu dalemnya mungkin sekitar 6-8 meter. Mujur banget waktu itu ada manta lewat.

Kapal kita sebenernya masih belum berenti. Motor kapal masih standby mode, dan kapal masih melaju pelan. Tapi waktu itu udah ada satu kapal standby di sana dengan 2 orang awak dari kapal tersebut nyemplung di air lagi nyari-nyari Manta. Kapten gw teriak nanya ke mereka ada Manta atau nggak. Mereka masih geleng-geleng dan balik liat ke dalam air. Beberapa detik kemudian mereka ngangkat kepala, sambil ngangguk dan nunjuk ke dalam air. Kapten kapal gw teriak ke gw, “Ayo Mas. Lompat. Sekarang. Nanti mereka hilang. Mereka cuma sebentar.” Cuk gw langsung kaget. Dasar lautnya aja ga keliatan dari atas kapal, gw malah disuruh loncat. Bukannya gw ga bisa ngapung/berenang, tapi waktu itu horor aja karena disuruh buruan. Kayak ditodongin pistol, trus kalau ga lompat titit gw ditembak. YOLO, gw pun nyebur.

15 detik setelah nyebur, Manta Ray itu akhirnya keliatan. Segerombolan. TAPI. Sangat disayangkan si manta ga naik ke permukaan air, malah numpang lewat di dasar laut. Itu juga ga tepat di bawah. Jaraknya lebih 10 meter. Udah dalem, jauh lagi. Gw sampai sekarang masih nyesel karena waktu itu belum ngerti sepenuhnya cara masuk ke dasar. Masih kesusahan. Coba kalau gw bisa ke bawah. Beuuuhhh udah ada foto keren sama Manta deh.

16
Hahaha jelek sih fotonya. Tapi kalau diliat langsung, walaupun dari jauh, serasa liat monster. Itu wingspannya ada 2-3 meter kali.

 

Spot ketiga Pink Beach. Ini baru top. Biota laut sangat oke. Di tempat kapal parkir, pemandangan bawah lautnya sih bagus. Kalau diterusin snorkelling ke arah pantai, gilaaa lebih bagus lagi. Dari kapal ke pantai palingan setengah lapangan bola, 50 meter lah (menurut perhitungan gw karena gw atlit bola tarkam). Tapi waktu itu Hasbi yang ga bisa renang, dan Judis yang ragu-ragu dengan jarak segitu ga mau snorkeling ke pantai. Kata mereka jauh banget. Akhirnya gw sendirian ke pantai. Ada gw, 1 regu kapal lainnya yang ke pantai, plus Valentina dan Ezra. Gw duduk sendirian sedih ga ada temen wakakaka.

19

20
Gw yakin itu ikan yang biru ekor kuning si dory finding nemo tuh
28
Finding nemo
32
Ini gw kaget minta ampun waktu segerombalan ikan berenang ngiterin gw. Banyak banget. Gw serasa jadi primadona waktu mereka muter-muterin gw.
37
Coral bed

 

Pink Beach ini pasirnya putih, tapi ada semacam pecahan mineral atau koral mungkin yang berwarna pink / merah muda. Kalau pasirnya digenggam keliatan pinknya. Keren pokoknya.

GOPR0786
Tuh kan, ga jauh2 amat kayaknya berenang ke pantai. Berbi tampang lelah.
GOPR0837
Tuh pasirnya warna pink

 

Sore itu kita berangkat ke spot nginep kita. Kita tidur di kapal, tapi parkirnya deket hutan kelelawar karena di sana airnya tenang. Kita nunggu kelelawar yang akhirnya pada bubar dari hutan saat sunset. Seperti film batman. Padahal liat kelelawar ngungsi pasti setiap sore di Padang, karena rumah gw deket hutan-hutanan. Tapi mungkin karena ini efek liburan, gw jadi menikmati.

IMG_0964
Sunset dengan batman-batman yang numpang liwat

Di saat udah malam banget, kita tidur di kasur yang digelar di dek kapal. Sebelum tidur, langit berawan dan gerimis pun turun. Kapal ditutupin terpal, dan gw tidur dalam kapal yang disulap jadi kemah.

Sekitar jam 3 pagi, gw bangun karena si Ezra dan Valentina yang berisik di haluan kapal. Mereka manggil gw untuk gabung. Gw keluar dan langit ternyata udah nggak mendung lagi. Background hitam dihiasi bintang-bintang. Kayak gambar-gambar di google. Cakep lah. Ezra bilang ke gw tentang plankton yang ada di dalam air. Kalau airnya diobok-obok keliatan sinaran cahaya dari planktonnya. Bayangkan aja kunang-kunang, tapi dalam air. Seperti ngeliat bintang dalam air. Gw jadi kayak anak SD, ngobok-ngobok air sendirian jam 3 pagi hhahahaha.

FullSizeRender
Sunrise sejuk dengan tetesan gerimis hujan
GOPR0766
Ditutup dengan pose seksi Valentina.

 

Bersambung….