Haloooo!!! Tiap ngeblog pasti aja kalimat awalnya, “Wahhh, udah lama nih ga ngeblog..”. Taiks, kata-kata yang sama terulang di setiap postingan. Terakhir ngepost udah jaman kapan lalu. Dan pada saat itu pasti aja diniatin bakal rajin ngepost lagi. Tapi mana buktinya. Gw selalu memberi janji palsu. Ga konkrit.

Sejujurnya semenjak tulisan terakhir gw, gw udah bikin draft untuk beberapa tulisan. Ngedraft sekali, terus ga gw selesaiin nulisnya. Draft delete, bikin draft baru dengan topik baru. Ga selesai, delete lagi. Kayaknya udah 5 kali gw bikin draft semenjak postingan terakhir, dan semua dengan topik yang berbeda. Tak ada satu pun yang release hahahaha. Makin lama makin lelah nyelesaiin tulisan sendiri.

….

Akhir bulan oktober kemaren gw menjalankan slogan hidup yang banyak beredar di internet.

Travel while you’re young.

Gw udah cukup banyak baca artikel dan tulisan-tulisan di forum dan juga video yutub tentang pengalaman hidup orang-orang. Yang jalan-jalan ke luar negeri, ke tempat yang mereka ga kenal sama sekali, ngelakuin hal-hal goblok dan mengerikan, dan menghamburkan duit, dalam bentuk positif, yang memberikan kebahagiaan yang ga terbayarkan sama uang.

Mayoritas dari mereka yang hobi jalan-jalan ini berprinsip ‘mumpung masih muda’. Gw juga berpikiran sama. Ntar kalau udah punya anak bini riweuh juga kalau jalan-jalan bakal ngebdugetin untuk +2 orang lagi. Bisa miskin nanti. Lagian ntar kalau udah punya anak bini duitnya habis di make-up dan popok. Ga bisa buat hore-hore.

Gw ke Hongkong.

Berlima bareng temen-temen sekantor. Gw niatnya sih hanya mau bungee jumping dari Macau Tower, bungee jumping tertinggi di dunia. Jadi kita sepakat stay di Hongkong 4-5 hari, dan di Macau 1 hari aja. Ini pertama kalinya gw travelling, yang sifatnya puoolll hore-horean. Gw girang minta ampun. Mas-mas girang.

IMG_3466
Si wilson tidur ala kakashi.

 

90% orang Hongkong ga ada yang bisa bahasa inggris. Kita udah ngerencanain, keluar bandara naik bis nomer berapa, ntar berenti di stop ke berapa dan segalanya. Yang kita ga sadar, bis yang mau kita naikin ini, jalurnya berubah karena waktu itu lagi ada demo di hongkong. Beberapa jalan ditutup. Bis kita kena dampaknya. Bus stop tempat kita pengen berhenti malah diskip. Nyadarnya setelah turun dari bis. Nanya orang-orang yang lewat, mereka hanya bisa “aiiii.. aiii.. no ingliss…”. Berlima jalan kayak orang bego narik-narik koper.

IMG_3483
Ini nih baru dateng dan jalan kayak orang bego nyari alamat penginapan.

 

IMG_3569
Demo di Hongkong waktu itu. Awalnya gw ga sengaja berada di kerumunan orang-orang itu. Pas udah mulai teriak-teriak eh baru nyadar kalau pusatnya di sebelah gw.. Langsung melipir gan..

 

Little glodok. Di daerah kedubes RI, jumlah orang Indonesia disana, TKW, minta ampun banyaknya. Pada gelar tikar di taman, jualan baju, ngomongnya jawa semua… Kalau lu tutup mata, lu pasti mikir masih di Indo. Kenapa gw bilang glodok? Hanya Tuhan yang tahu. Ini juga pertama kalinya seumur hidup, gw digandeng sama ibu-ibu TKW di kerumunan orang Indonesia, dan ini BUKAN DI INDONESIA.

IMG_3701
Ini si ibuk gw ga tau nafsu liat yang muda atau emang kangen sama anaknya. Ga bakal bisa terlupakan ini.

 

Mini New York. Gw belum pernah ke New York, tapi jalan-jalan di sini serasa ngeliat kota-kota barat di tv-tv. Hanya saja orang-orang di jalanan agak sipit, dan tulisan-tulisan di bangunan bukan alfabet roman. Daerah tempat gw nginap itu daerah residential/bisnis kecil-kecilan. Visualnya bayangin aja film om jackie chan yang kalau malam dipenuhin lampu segala warna. Daerah bisnis dan perkantoran baru isinya bule-bule, dan orang hongkong yang bahasa inggrisnya lancar-lancar. Menarik.

IMG_3523
Tuh kan serasa main film. Coba kalau jalanan di tangerang lampunya rame kayak gini.

 

Tourist friendly. Kementrian pariwisata mereka bener-bener ajib kalau kata gw. Di setiap terminal bus atau stasiun MRT ada penunjuk jalan, yang sepertinya ditujukan untuk memudahkan turis-turis goblok kayak gw. Peta-petanya jelas. Akses wifi internet ada DIMANA-MANA. Keluarin hape, nyalain wifi, langsung konek. Gampang buat turis yang ga mau komit beli kartu hape.

IMG_4012
Mmmuuuahhh.. Gini nih kalau manusia sudah dikontrol sama nafsu birahi ulala… Berkeinginan yang nggak-nggak sama sharapova.

 

Macau is the little Las Vegas. Setau gw kalau mau liat mbak-mbak pake high heels rok pendek bingits baju minim ya pasti di tempat dugem. Tapi di Macau ternyata banyak berkeliaran, karena Macau ini kota judi. Gw serasa jadi aktor film hangover. Mau ngelakuin hal-hal gila, dan besok paginya udah bangun di Hongkong tanpa celana, bekas lipstik di sekujur badan dan ada tato babi di jidat.

IMG_3660
Gereja apa gituh namanya di Macau. Terkenal lah pokoknya. Yang masih berdiri hanya bagian depan bangunannya. Sisanya runtuh. Mungin bagian depan bikin pake beton, sisanya pake ijuk.. hahahaha.

 

MRT. Seinget gw waktu itu bilangnya bukan MRT, tapi MTR. Tapi ya bodo amat lah. Ini subway system yang ada di Hongkong. Hanya karena ini, hanya MRT ini, gw sempat berpikir, “mending gw pindah ke Hongkong aja kali ya”. Ga ada macet. Ga ada debu. Ga ada panas. Ga ada keringet. Ga ada yang teriak-teriak ‘mijon-mijon, aqua-aqua’. On-time. Ekspress. Level kenyamanan naik tranportasi ini bahkan jauh lebih baik dari naik mobil pribadi kalau di jakarta.

IMG_4077
Ini bocah tengil natapain gw terus di sepanjang jalan. Mungkin gw mengingatkan dia akan cintanya di masa yang lalu.. taee.

 

Kalau diterusin, gw bisa bikin buku, dan mungkin aja gw udah cocok untuk apply jadi staff kepariwisataan Hongkong. Tapi yang pasti bahagia banget emang. Kita ke theme park, yang kayak dufan itu loh. Udah kayak anak umur 15 tahun naik roller coaster sueeereemm banget, dan wahana yang naik pelan, terus dijatohin highspeed dari ketinggian ratusan meter. Ke kebun binatangnya liat dua burung lagi cipokan, bahkan gw sempat kenalan sama seorang mbak-mbak dari Korea (atau mungkin China) dan ambil foto mesra berdua sama dia.

Naik cable car biar bisa liat patung Buddha raksasa, liat watershow, light festival (yang kayaknya ga sesuai ekspektasi). Asal jalan aja, eh ternyata ada semacam kebun binatang semi-private yang masuknya gratis yang lokasinya diantara apartemen-apartemen tinggi dan daerah sejenis botanical garden. Gw juga kaget asal jalan dan nyasar ke kebun binatang, yang dikelola dengan sangat baik, dan isinya mami-mami bule muda dengan babystroll ngedorong bayinya.

IMG_3734
Lupa namanya, ingat rasanya… Orang China apa Korea ya.. Gw aja lupa.. Langsung samperin make a move aja aheeyyy..

 

Highlightnya ya bungee jumping itu. Hal paling menakutkan, tergila dan terhebat yang pernah gw lakuin seumur hidup gw. Titik. Pertama kali berdiri di ujung platform lompatan, ngeliat ke bawah dan astaga… seremnya bikin pipis. Detik pertama setelah lompat, jantung gw mau meledak. Dan sisanya udah terima nasib aja karena udah ga bisa ngapa-ngapain lagi selain nangis. Beuuhhhh. Kalau dipikir-pikir gw lumayan gila juga mau lompat kayak gini.

Yah beginilah. Mungkin Indonesia gw sendiri belum banyak gw telusurin. Selain padang, jakarta, dan bandung, yang notabene dari sekian banyaknya tempat yang bisa gw kunjungin di dalam dan deket-deket kota ini tapi ga pernah gw samperin sama sekali (hahaha.. pangandaran oh pangadaran yang hoax terus), gw hanya pernah ke surabaya, bali, dan makasar. Itu juga jalan-jalan visiting sebentar, atau dinas/kerja. Ga pernah puolll hore-horean kayak yang ke Hongkong kemaren. Best trip of my life. A ton of unforgettable shit:mrgreen::mrgreen::mrgreen:

IMG_4064
Derris-chan kehujanan, eh ternyata dia bawa ponco ngehek ini. Hahahaha…

 

Gw juga sepertinya tertarik travelling dalam artian ngeliat negara orang. Sepertinya otak gw default mikirnya semua kota di indonesia sama aja. Macet dan sistem transportasinya sama, udara dan suhunya sama, wisatanya juga lebih kurang sama, paling beda bahasanya. Dan ini semua juga sering liat di TV. Contoh, kalaupun belum pernah ke jogja, gw udah tau dan kebayang kalau makan di jogja dengan harga Rp. 8ribu udah kenyang kumplit minta ampun. Kalaupun belum pernah ke lombok, gw pernah main ngebolang masuk hutan ke sungai kali dan ke pantai bersih di deket rumah gw di padang. Ya sebelas dua belas. Mungkin seperti itu. Bukannya ga cinta indonesia nih ya hahahaa.

Masih banyak tempat yang mau kunjungin. Gw bahkan udah beli tiket ke Thailand buat bulan May. Tapi kayaknya ini bakalan gagal karena sesuatu dan lain hal..

Tapi yah begitulah. Tahun ini kaki ini hendak dilangkahkan ke mana lagi nih?