snmptn tahun ini, gw mendapatkan kesempatan untuk menjadi pengawas. sebenarnya ga terlalu tertarik ama ‘menjadi pengawasnya’, tapi lebih ke honornya… hha.. kata temen2 gw honornya lumayanlah, buat bayar iuran rt gang 2 selama 3 bulan.

klo bagian ngawasnya mah, lumayan grogi lah yaw. hari pertama gw bingung mau ngapain, karena ini memang debut gw menjadi seorang pengawas. si bapak duet ngawas gw lebih banyak ngambil kontrol. sedangkan gw hanya nolongin ngisi bulet2an buat berita acaranya. hari kedua gw bekerja lebih banyak dan juga sempat melantunkan suara merdu gw di depan kelas.. “ehmmm… bagi yang mau berak sebelum ujian, sok atuh”

salah satu hal yang menarik menjadi seorang pengawas adalah kita dapat menilai kemampuan orang hanya dengan mengamati. yang bego bakal lebih mementingkan ngupil selama ujian berlangsung. yang gila bakal ngeluar2in lidahnya sambil garuk2 dada. yang ngatuk bakal tidur. dan yang pinter keliatan kalemnya dalam ngerjain soal.

gw jadi inget jaman2 gw ngambil snmptn dulu. di zaman purbakala itu, namanya masih spmb. waktu ujian gw duduk paling depan, gw di depan pengawas, meja nempel ke meja mereka. gw ga tau ekspresi gw kaya gimana di depan para pengawas. tapi gw yakin gw keliatan kaya orang gila. namanya ujian yang sangat penting, pasti memberikan sedikit tekanan. dan walopun keliatan bego, toh gw masih tembus ITB. … mudah2an mereka yang keliatan bego juga lulus.. amin.