kemaren, gw ada ujian propulsi. bahasa kerennya mah aircraft propulsion. blajarnya tentang engine dan segala sesuatu yang bisa bikin pesawat nge gas dengan sempurna agar si pesawat sampai selamat pada tujuan. pelajarannya susah karena banyak rumusnya. klo masalah teori sih masih bisa dipahami dengan akal sehat. tinggal dari hatinya aja, niat apa kaga pengen belajar.hha

karena saking banyaknya ntuh rumus, seperti biasa di desa mana pun, kita diperbolehkan bawa cheat sheet, selembar a4 yang isinya apa aja. logisnya sih, lu nulis rumus2 yang berhubungan ama matkul tsb. tapi klo mau bikin gambar gayus, bikin surat cinta, atau nulis surat warisan di dalamnya, si bapak juga bakal no problem. kayaknya dosen2 juga udah tau, walopun pake cheat sheet, tetap aja nilai ujian mahasiswa pada jelek. ga jauh beda ama klo ga pake.

di ujian kemaren gw dateng dengan penuh semangat yang membara, tentunya dengan selembar cheat sheet gw. walopun tulisannya agak sedikit menggunakan bahasa thailand (tak bisa dibaca orang lain), yang penting mah gw bisa bahasa thailand, sehingga gw ngerti.

lembar soal pun dibagikan, dan gw pun survey dulu. hhe. baca semua soalnya. total ada 25. soalnya nyambung-nyambung, udah kaya semut lagi ngantre dibagiin sembako. klo nomor 1 aja udah salah, insyaALLAH bakal salah kebelakangnya. tingkat EPIC FAIL untuk ujian kali ini sangat tinggi. jadi harus hati-hati (baca:nyontek) dalam penyelesaiannya.

namun, setelah gw ngereview cheat sheet gw, ternyata bagian cheat sheet yang berhubungan ama soal ga lebih dari 20%… oh noooo… gw sempet mikir, ini kayanya si bapak salah bikin soal, karena ya ga mungkin aja kalo gw yang salah bikin cheat sheet. mungkin ga?!? untuk membuktikan hipotesis gw, gw pun menoleh ke kiri, temen gw rendy pun balik menatap gw. kita pun bareng2 menggelangkan kepala, dengan sedikit senyuman + tawa, lalu bareng2 bilang… SHITTTT…

so intinya mah, pinter2 deh klo bikin cheat sheet. namanya juga cheat sheet, yang bisa kita liat2 saat mengerjakan soal agar ujian sukses. klo kaya gw mah, itu namanya doom sheet. selembaran a4 yang membawa kehancuran… hhu