jadi critanya gini.. pasti lu2 smua udah pada tau, klo yang namanya sekolah ato kuliah,, di awal tahun pasti identik ama sesuatu yang biasa dibilang ospek, mos, ato kumpul2 kebo ga jelas… nah, kebetulan di tempat gw kul, salah satu kewajiban dari seorang junior adalah mewawancara seniornya… yah sebenernya minta biodata doang sih, tapi , lebih keren aja kalo dibilang wawancara…

gw kebetulan ngambil kuliah yang bareng2 ama junior2 gw… lu ngerti lah orang yang cinta ilmu pengetahuan… pengen aja ngambil mata kuliah yang sama mulu.. lebih tepatnya,, mendalami si ilmu..hhehehehe.. ya,, jadinya di dalam ntu kelas mayoritas yang masi muda2 lah…yang tampangya masih cupu(di mata seseorang yang udah dewasa banget), yang makan masi disuapin, yang ga bisa pake sepeda roda dua, dan yang mo kentut harus ditolongin….

pas si bapak dosen bilang, “yawdah nyet. hari ini segitu dulu aja. gw capek…see u tomorrow.. peace, love n gaul.”, otomatis suasana kelas jadi vulgar… ada yang langsung lepas celana sambil nyorakin, “HIDUP MIYABI…..”, dengan gaya yang agak porno.. klo gw deskripsiin, ntar pembaca pada horny, jadinya gw batalin niat baik ini..well,, pokoknya spontan kebanyakan dari mereka langsung berbondong2 mendatangi kita2..tmen2 gw pokoknya diwawancarai lah ama mereka..trus gw mikir.. kok ga ada yang dateng ke gw ya??? padahal tampang gw kan imut2 minta ampun… mengingat kata2 adalah doa, ga lama kemudian seorang anak menghampiri gw….

otomatis lah, ibaratnya raja,, gw langsung ganti wajah,, songong mode on.. lalu dia ngomong…

“um…ummm.ummmmhhh….. bang….”

“ya??”

“saya boleh wawancara ga??”

“wawancara.. wawancara apaan?”, tampang gw begitu coolnya,, kayanya dia udah mo ngompol..

“ini…. nanya2 biodata, ama ngobrol2 bentar… boleh kan??”

“ooooo… ok deh..”

dia langsung duduk di sebelah gw. ama perlengkapannya siap mewawancarai gw..

“nama lengkap abang apa bang?”

“willy”

dia bikin di kertasnya.. ‘willie’…. gw liat ejaannya salah, langsung gw benerin..

“pake y…”

trus dia nambahin y…. tiba2 untuk pertama kali dalam hidup gw,, nama gw menjadi ‘williey’…..

“maksud gw ga pake ‘ie’, tapi pake ‘y’,, jadinya willy…n itu aja deh. ga usah pake nama lengkap”

“ohh.. maaf bang”,

gw merhatiin waktu dia ganti tu spelling.. dan apa yang terjadi.. tangannya gemeteran…srius.. ga boong… gw sempat mikir, emangnya gw makan orang??? dia kaya ketemu ama setan aja… karna kasian,, gw balik nanyain nama dia…

“lu siapa??”

“amir(bukan nama sebenarnya) bang…,,,       (sunyi senyap) ……         klo ttl bang?”

“padang, 30 des 89”

“oohhh… padang ya bang.. kemaren waktu gempa gimana bang?? rumah,, keluarga, gpapa??”

“alhamdulillah gpapa, rumah kayanya retak2 dikit…yah. masih bisa dihuni lah…”

karna pertanyaan amir, hati gw jadi luluh bak eskrim d siang hari…okelah kasian juga gw, klo dikerjain mulu.. nggak kehitung juga kan, berapa orang temen gw yang ntar juga bakalan ngerjain amir… tampangnya aja udah minta ampun groginya… ya udah… karna simpatinya terhadap gw,, gw kasi lewat aja dah si amir…

dalam hitungan detik, wawancara amir ternyata udah kelar…

“makasih banyak ya bang…”

“yup.. hati2 di jalan ya..”

selepas amir pergi, gw berdoa, mudah2an dia ga dipalakin preman simpang….. amin